Senin, 01 Agustus 2011

Semangat Perbaikan Ahlak di Bulan Ramadhan, Sambut Ramdhan, Perbaikan Sikap di Bulan suci.

Marhaban Ya Ramadhan 

        Hari ini merupakan hari pertama kita menunaikan ibadah puasa. Ini tentunya merupakan berkah bagi kita umat Muslim di dunia. Dalam bulan Ramdhan ini banyak sekali aktivitas ibadah yang oleh Alloh SWT akan dilipat gandakan.

sumber gambar :egadis.com

         Sebelum Ramdhan tiba kita selalu menyambutnya dengan sangat antusias. Tetapi disaat kita puasa kita seakan lupa antusiasme kita. Kita cenderung malas untuk bekerja sampai-sampai kita dalam kurang meperhatikan ibadah kita. Bekerja saja malas apalagi beribadah, ini sangat mengeherankan karena sejak awal mereka sudah sangat antusias untuk memasuki Bulan Ramadhan. Sangat mengherankan lagi, sebelum Ramdhan tiba paling banyak sehari sebelum Ramadhan kita cenderung mempergunakan untuk berbuat yang dilarang agama. Padahal sehari tersebut dapat menjadi refleksi akan kemampuan kita dalam menjalankan puasa. Beberapa orang bahkan cenderung makan lebih banyak saat sehari sebelum Ramadhan tiba, bahkan untuk para remaja yang telah mempunyai pacar, mereka dengan sangat memilukan mengadakan pertemuan yang cenderung untuk berbuat yang tidak baik.


       Fenomena tindakan yang kurang baik yang dilakukan di hari-hari selain Bulan Ramdhan hendaknya kita koreksi di Ramdhan kali ini. Diri kita memang tidak bisa melkukan ibadah secara terus menerus karena kesibukan kita. Tetapi lebih penting mengusahakan agar paling tidak kita memperbaiki sikap kita yang masih jauh dari sikap seorang mukmin haqiqi.

Banyak sekali yang terjadi sebelum Ramdhan tiba selain hal tersebut, sebut saja fenomena di Facebook. Para pengguna akun jejaring sosial tersebut terlihat selalu meng- update status dengan ucapan selamat datang Bulan Ramadhan tetapi kadang terselip keluh kesah yang masih tidak siap. Bahkan saya menemukan up date status yang menjurus pada maksiat yang dilakukan penggunanya sebelum Ramadhan tiba. Bukan saya ingin menfitnah tetapi mereka yang membuat status mereka yang intinya memang seperti pertemuan dengan pacar.


        Sifat kita yang kurang baik di hari-hari sebelum Ramadhan ini lah yang bisa membuat semangat untuk berbuat baik di Bulan Ramdhan itu melemah.Walaupun mungkin bukan hanya faktor ini yang mempengaruhinya.


         Disaat Ramdhan terdapat amalan sunah yang sering kita tinggalkan padahal kita di perintah oleh Nabi Muhammad saw untuk melakukannya amalan itu berupa sholat tarawih. Banyak sekali orang yang datang ke masjid untuk melakukanya apalagi awal-awal Ramadhan tetapi semakin lama semakin berkurang. Hal ini sangat membuat kita miris sebagai umat muslim yang sangat mencintai nabi kita. Di kalangan remaja sendiri berangkat ke masjid tidak jarang menjadi ajang untuk berpacaran, walaupun tidak semuanya seperti hal tersebut. Mereka seakan lupa untuk menghdupkan malam-malam bulan Ramdhan ini. yang terpikirkan oleh mereka hanya untuk bertemu dengan lawan jenis. Niat ini sangat membuat ibadah tarawih kita bisa melorot karena niat kita salah.


          Hal ibadah lain yang mungkin kita temui walaupun di luar bulan Ramdhan bisa dialkukan adalah tadarus Al Qur'an. Dari segi ibadah ini sangat baik sekali. Tetapi terdapat hal yang sangat menjadikan kurang baik. Berdasarkan yang saya lihat mereka yang datang dari kalangan orang tua banyak yang tidak membaca, namun mereka juga kurang memperhatikan ketika seseorang membaca Al Qur'an mereka sibuk dengan obrolan mereka. Tetapi tidak semua seperti demikian mungkin. Dari kalangan remaja yang datang ke masjid, juga ada yang tidak membaca, tidak mendengarkan dan bahkan mereka hanya duduk-duduk di belakang untuk bercanda walaupun ada yang bertugas untuk menyiapkan makan dan minum. Remaja yang datang dan hanya bercanda inilah yang kurang patut untuk di contoh. Padahal setelah tadarus selesai mereka juga mendapatkan jatah makanan yang telah dipersiapkan. Jika seperti ini jadinya tidaklah kita berfikir untuk memperbaiki diri kita.


      Di Bulan Ramdhan ini mari kita bersama-sama meperbaki ahlak kita dengan beribadah dengan maksimal juga ibadah ini diawali dengan niat yang baik dan sikap yang menunjukan keseriusan beribadah. Bukan sekedar semangat awal yang mengebu-gebu tetapi di saat datang bulan tersebut kita seakan lupa dengan semangat kita. Mari kita perbaiki ahlak kita.

Selamat menunaikan Ibadah Puasa bagi Umat Muslim sekalian.

(agusrahmata@gmail.com)

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Kritik dan Saran Anda Tuliskan Pada Formulir Komentar di Bawah Ini

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More