(agusrahmata@gmail.com)
RENCANA PELAKSANAN PEMBELAJARAN
TEMA : keluarga
Kelas /Semester : I /2 (dua)
Alokasi waktu : 1 X Pertemuan
Hari /Tanggal : Kamis /11 Peruari 2010
A. STANDAR
KOMPETENSI
Memahami teks pendek dengan membaca lancer dan
membaca puisi anak.
B. KOMPETENSI
DASAR
Membaca lancer beberapa kalimat sederhana dengan
intonasi yang tepat.
C. INDIKATOR
Membaca teks pendek dengan lafal dan intonasi yang
tepat.
Membaca lancer hal sederhana dengan intonasi yang
tepat.
D. TUJUAN
PEMBELAJARAN
Dengan memperhatikan contoh guru membaca siswa dapat
membaca lancer kalimat sederhana dari buku dan menyebutkan isi acaan yang
tepat.
E. MATERI
PELAJARAN
Membaca lancer bacaaan “Memantu Ibu”.
Menjawab pertanyaan bacaam.
F. METODE
Ceramah.
Demonstrasi.
Pemberian tugas.
Tanya jawab.
G. LANGKAH
– LANGKAH PEMBELAJARAN
Kegiatan awal 10 menit
Doa bersama.
Mengabsen dan mengatur tempat duduk.
Guru melakukan apresisasi melalui Tanya jawab yang
mengarah pada materi.
Siapakah yang tadi malam belajar?
Belajar apa?
Siapa yang belajar membaca?
Siswa diberi kesempatan menjawab dan guru
menanggapinya sambil memotivasi siswa.
Kegiatan Inti 60 menit
Guru menyajikan bacaan yang berjudul “Membantu Ibu”
Guru mengadakan tanya jawab tentang kata atau istilah
yang belum dipahami siswa.
Guru mengadakan tanya jawab tentang isi bacaan.
Guru menugaskan siswa untuk menceritakan kembali isi
bacaan yang telah dibaca.
Siswa dibagi dalam beberapa kelompok.
Siswa secara berkelompok mengamati teks kalimat yang
dipasang guru.
Keloompok secara bergiliran membaca bersama dengan
bimbingan guru.
Siswa membaca yang merupakan wakil terbaik dari tiap
kelompok.
Guru memberikan penghargaan pada keloompok terbaik
berupa ucapan selamtaaaaa langsung oleh kelompok lain.
Menanyakan pada siswa hal – hal yang telah dipahami dan belum dipahami.
Kegiatan Evaluasi 20 menit
Siswa mengerjakan tugas evaluasi
Pemberian nilai.
Member tugas PR dan menyampaikan pembelajaran yang
akan datang.
Siswa mencatat rangkuman dan sebagai bimbingan guru
membuat kesimpulan.
H. ALAT
/SUMBER BAHAN
ALAT :
Teks bacaan.
Kartu huruf.
Kartu suku kata.
LKS.
SUMBER BAHAN :
Buku Tematik.
Buku Bahasa Indonesia I B hal 38 (Erlangga).
Buku BSE SD Kelas I.
Buku LKS Logika Bahasa Indonesia I B.
I. PENILAIAN
Teknik penilaian
Tes tertulis
Tes unjuk kerja.
Bentuk Instumen
Tes tugas : Terlampir
Tes uraian : Terlampir
Kriteria Penilaian
Terlampir
Mengetahui
Kepala
SD/MI
agus ....
NIP
:
|
Kilipar
Guru
Kelas I
(Dewi)
NIP
:
|
LEMBAR KERJA SISWA
MATA PELAJARAN : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : I / 2 (dua)
Bacalah Bacaan di bawah ini dengan lancer dan
intonasi yang tepat !.
Membantu Ibu
Amin rajin membantu ibu.
Mina juga rajin membantu ibu.
Mereka membersihkan rumah.
Mereka menyapu lantai.
Meja dan kursi mereka atur rapi.
Rumah mereka rapid an indah.
Mereka senang dan bahagia.
LEMBAR EVALUASI
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : I / 2 (dua)
Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar !
Apakah yang dikerjakan Amin dan Mina?.
Mengapa mereka membantu Ibu?.
Bagaimana rumah mereka?.
Bagaimana perasaan Amin dan Mina senang dan
bahagia?.
Mengapa ayah dan ibu mereka senang?.
Kunci Jawaban
Tes uraian
Membersihkan rumah.
Untuk meringankan tugas ibu.
Rumah mereka rapid an indah.
Perasaan Amin dan Mina senang dan bahagia.
Karena rumah mereka menjadi bersih.
Pedoman penskoran :
Tiap jawaban dinilai maksimal 5, skor maksimal 25.
Nilai akhir = (skor perolehan X skor maksimal) X
100.
Tes Tugas
Pedoman penilaian hasil tugas :
kelompok
|
Aspek Penilaian
|
Rata - Rata
|
|||
Kesesuaian
|
Ketepatan
|
Kerjasama
|
Kerapian
|
||
A
|
|||||
B
|
|||||
C
|
|||||
D
|
Kriteria Penilaian
:
A = 86 – 100 B = 71 – 85 C = 51 – 70
D = 35 – 50
0 komentar:
Posting Komentar
Silahkan Kritik dan Saran Anda Tuliskan Pada Formulir Komentar di Bawah Ini