Senin, 12 September 2011

Makna Hidup Adalah Pilihan | Arti Kehidupan

             Hidup yang dijalani manusia di dunia ini merupakan sebuah hal yang berujung pada kematian. Tetapi dalam memaknai kehidupan manusia untuk menjemput kematian itu sangat banyak yang dilakukan meski sangat sulit. Tetapi sebetulnya hanya dua yang menjadi sebuah harapan bagi kita yang terangkum dalam Arti Kehidupan berdasarkan Makna Hidup adalah Pilihan.

Mengapa harus ada pilihan? tidakkah kita bisa bersikap tidak memilih satupun?. 

         Sebenarnya kita tidak bisa tidak untuk memilih sesuatu karena pada kenyataanya kita akan dihadapkan pada suatu pilihan yang pasti hanya dua hal yang ada antara pilihan kebaikan atau keburukan.

         Pilihan kebaikan sebenarnya adalah awal dari kehidupan manusia sebagaimana Tuhan telah menciptakan manusia untuk pertama kalinya dalam keadaan suci. Sehingga tidaklah sebenarnya ada anak haram kecuali orang itu tidak mengerti tetang kesucian yang telah diberikan oleh Tuhan. Namun selama perjalanan itulah manusai mulai menjadikan kesucianya hilang, padahal waktu kecil saat dimana masih dalam kandungan Tuhan mengaruniakan kepada anak itu suatu keadaan yang suci. Perjalanan semakin jauh dan mereka telah dihadapkan atas pilihan karena kemampuan pemikiran serta sikap mereka yang dapat menetukan pilihan mereka sendiri. Di sini adalah hal yang wajar dimana telah tertuang dalam sebuah agama yang menyatakan bahwa Manusia yang terlahir di dunia ini mereka adalah suci tetapi kedua orang tuanyalah yang menjadikan mereka Yahudi ataupun Nasrani. Disni dapat dikatakan bahwa pilihan agama bisa dipengaruhi oleh orang tuanya namun kebebasan anak dalam memilih pilihan hidup mereka akan terjadi saat mereka sudah mempunyai pemikiran dan sikap yang ada.

               Pilihan keburukan merupakan pilihan yang membuat orang menghilangkan kesucian yang diberikan oleh Tuhan. Pilihan ini datang seiring dengan pilihan kebaikan. Pilihan ini yang dapat menjadikan orang lupa untuk berbuat kebaikan karena di dalam pilihan ini terhimpun tipu daya iblis dan setan dimana memanfaatkan celah dari pemikirian dan sikap manusia yang akan mengambil keputusan dalam pilihan hidup mereka. Mungkin anda pernah melihat begitu banyak manusia yang tertipu akan kenikmatan dunia semisal menggunakan narkoba. Disini pengguna narkoba seakan menikmati kehidupan yang nyaman tetapi mereka melalaikan sesuatu bahwa apa yang mereka lakukan tidak sesuai dengan ajaran Tuhan dan utusannya yang salah satunya menyebutkan untuk melakukan kebaikan dan menjauhi keburukan. Tetapi sebenarnya teori "kebaikan dan menjauhi keburukan" ini merupakan kebenaran mutlak dimana untuk contoh diatas penggunaan narkoba dapat menimbulak beberapa efek buruk bagi kesehatan manusia.

            Makna Hidup Adalah Pilihan merupakan titik yang sensitif pada diri manusia yang sejatinya ingin hidup lebih baik. Tetapi kehidupan yang baik ini tidak sebatas pada harta benda tetapi jiwa dan rohani mereka secara umum. Karena mereka adalah jiwa yang suci saat awal adanya mereka. Titik sensitif ini merupakan gambaran manusia yang selalu berubah kadar imannya, terkadang naik terkadang turun. Keadan ini sesuai dengan Firman Tuhan yang mengatakan bahwa iman manusia kadang naik kadan turun.

Lalu bagaimana memaknai hidup yang merupakan pilihan ini?.

          Semua orang pasti memilih untuk merapat dalam kebaikan tetapi dalam perjalannya memanglah sangat sulit karena banyaknya cobaan serta godaan. Setan atau iblis tak akan tinggal diam meilhat manusia berbuat baik karena mereka telah meminta kepada Tuhan untuk dapat menggoda manusia agar dapat menjadi temannya di neraka.

          Tetapi untuk pilihan hidup manusia itu berawal dari hati manusia sendiri. Mereka yang menentukan pilihan mereka namun yang perlu mereka ingat adalah Manusia Akan Kembali Kepada Tuhannya. Jadi maknai hidup dalam kebaikan jika anda ingin menjadi orang yang sangat dicintai Tuhan atau keburukan yang bisa membuat anda dalam murka Tuhan.

agus rahmat alhaqiqi

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Kritik dan Saran Anda Tuliskan Pada Formulir Komentar di Bawah Ini

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More