Senin, 19 September 2011

Ribetnya Bikin SKCK | Membuat SKCK | Cara Mendaftar SKCK | Cerita SI Pembuat SKCK

           Pagi yang melelahkan saat aku mulai dengan semangat baru untuk meraih cita-citaku. Tadi pagi tidak biasanya aku bangun pukul 7.00 WIB habisnya sudah punya janji sama pamanku untuk buat SKCK dari POLRES Purworejo. Tetapi akhirnya bisa jadi juga.


         Cerita sebelumnya lebih tragis lagi (kayak film tragedi aja) sudah Pukul 8.00 aku langsung menuju ke kepala Desa untuk cari Surat Pengantar dari desa. Akhirnya selesai dan langsung saja aku pergi ke kantor kecamatan tidak aku sangka langsung dapet tanda tangan dan cap untuk selanjtunya di bawa ke kantor polsek setempat agar bisa dapet RCK (Rekomendasi Catatan Kelakuan). Tapi malang nasib berkata lain hari Sabtu itu staff yang mengurusi tida ada. Dan rekan kerja staff yang ada di tempat menganjurkan aku untuk langsung ke polres purworejo tetapi seblemunya mereka bertanya padaku tentang kelengkapan untuk membuat SKCK. Aku hanya bisa pasrah soalnya syarat untuk membuat SKCK belum semuanya terpenuhi namun aku tidak bilang kepada mereka. Dengan agak kesal akupun pergi niat untuk melengkapi dokumen untuk membuat SKCK seperti :


Langkah Pertama melengkapi dokumen :
1. Surat Pengantar Dari Desa yang Ditanda tangani oleh Kepala Desa
2.Foto copy KK(2lbr)
3. Foto copy KTP(2lbr)
4. Foto copy Akte (2lbr)
5. Foto Berwarna 4x6 (sediakan yg banyak min 2)
Kedua serahkan dokumen ke tersebut kepada Camat Setempat dan selanjutnya serahkan ke Kapolsek. Setelah itu kita akan mendapat RCK.

Selanjutnya serahkan RCK serta dokumen 1,2,3,4,5 ke kapolres bagian SKCK. Setelah itu isi dokumen yang diberikan.

Keempat pengambilan SIDIK JARI serahkan kembali ke tempat penyerahan RCK  dokumen 1,2,3,4,5 ke kapolres bagian SKCK.

Tunggu proses selesai makan SKCK jadi tinggal copy buat legalisir yang legalisir ini buat lamar kerja atou terserah kamu aja. Masalah biaya aku saranin bawa Rp.50rb pasti sisa.


          Sebenarnya mudah jika kita paham cara membuatnya. Tetapi waktu itu aku belum mengerti soal dokumen tersebut. Aku hanya coba tanya temen "bro syarat buat SKCK apa?" dia jawab ini dan ini. Hmmm waktu itu memang sesuai sama pikiranku tetapi ternyata tidak seperti itu harus ada dokumen2 yang diatas. Walapun saat itu aku langsung pergi ke polres hasilnya gagal tidak bisa menemui staff yang mengurusi soalnya jam kerja untuk hari Sabtu terbatas. Polisi jaga hanya bilang besok senin aja.


          Senin tiba dan aku telah siap berangkat dengan pamanku untuk membuat dan akhirnya selesai soalnya dokumen dah lengkap tinggal berangkat aje hehehheheh (agus rahmat alhaqiqi)

1 komentar:

Terima kasih info SKCKx, sangat membantu.

Posting Komentar

Silahkan Kritik dan Saran Anda Tuliskan Pada Formulir Komentar di Bawah Ini

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More