Kamis, 26 Juli 2012

Rusia-Arab Saudi bahas jalan keluar krisis Suriah

Moskow (ANTARA News) - Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov dan timpalannya Menteri Luar Negeri Arab Saudi Saud al-Faysal membahas pendekatan-pendekatan untuk menyelesaikan krisis Suriah melalui telepon.


Menurut pernyataan Kementerian Luar Negeri Rusia yang dikutip kantor berita Xinhua pada Senin, pada kesempatan itu Lavrov sekali lagi menyerukan segera diakhirinya kekerasan di Suriah dan dialog nasional yang luas, yang melibatkan semua kekuatan politik Suriah.

"Para menteri bertukar pendapat mengenai aspek-aspek kunci masalah Suriah. Pihak Rusia menyerukan segera diakhirinya kekerasan, siapa pun asalnya, dan dialog nasional yang luas yang melibatkan semua kekuatan politik Suriah," demikian pernyataan di laman resmi kementerian tersebut.

Rusia menegaskan kembali seruannya bagi upaya konsolidasi untuk memastikan pelaksanaan rencana perdamaian yang diusulkan oleh utusan khusus PBB-Liga Arab Kofi Annan untuk mempromosikan penyelesaian damai krisis tersebut.

Kedua diplomat sepakat untuk melanjutkan kontak-kontak antara Moskow dan Riyadh mengenai krisis Suriah.

Menurut pernyataan Kementerian Luar Negeri Rusia, para pihak menegaskan kembali minat mereka untuk melaksanakan putaran kedua dialog strategis Rusia-Dewan Kerja Sama Teluk Persia di Moskow tahun ini.


sumber antaranews.com

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Kritik dan Saran Anda Tuliskan Pada Formulir Komentar di Bawah Ini

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More