Jumat, 20 Juli 2012

Tuntunan Puasa bagi Cewek

Bulan yang ditunggu-tunggu sebentar lagi akan datang. Bagi kebanyakan wanita, haid dan nifas identik dengan tidak menjalankan shalat atau puasa. Padahal banyak hal lain yang juga perlu diketahui . Seorang wanita memiliki alasan-alasan khusus yang membolehkannya untuk tidak berpuasa wajib di bulan puasa, antara lain:

1. Shalat
Seorang wanita yang sedang mendapatkan haid diharamkan untuk melakukan salat. Begitu juga mengqada` salat. Sebab seorang wanita yang sedang mendapat haid telah gugur kewajibannya untuk melakukan salat.

2. Berwudu` atau Mandi
As Syafi`iyah dan al-Hanabilah mengatakan bahwa wanita yang sedang mendapatkan haid diharamkan berwudu dan mandi janabah.

Sedangkan mandi biasa dalam arti membersihkan diri dari kuman, dengan menggunakan sabun, shampo dan lainnya, tanpa berniat bersuci dari hadats besar, bukan merupakan larangan.

3. Puasa
Wanita yang sedang mendapatkan haid dilarang menjalankan puasa dan untuk itu ia diwajibkannya untuk menggantikannya dihari yang lain. Puasanya di saat haid akan menguras darah sehingga berdampak pada menurun dan melemahnya tubuhnya dan puasanya pun tidak pada kondisi fisik yang seimbang.

4. Tawaf
Seorang wanita yang sedang mendapatkan haid dilarang melakukan tawaf. Sedangkan semua praktek ibadah haji tetap boleh dilakukan.

5. Menyentuh mushaf Al-Quran dan Membawanya
Jumhur Ulama sepakat bahwa orang yang haid dilarang menyentuh mushaf Al-Quran

6. Melafazkan Ayat-ayat Al-Quran
Yang diperbolehlan adalah doa dalam hati atau doa/zikir yang lafznya diambil dari ayat Al-Quran secara tidak langsung. Namun ada pula pendapat yang membolehkan wanita haid membaca Al-Quran dengan catatan tidak menyentuh mushaf dan takut lupa akan hafalannya bila masa haidhnya terlalu lama. Juga dalam membacanya tidak terlalu banyak.

Sumber : Hukum Seputar Wanita di Bulan Ramadhan

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Kritik dan Saran Anda Tuliskan Pada Formulir Komentar di Bawah Ini

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More