Minggu, 17 Juli 2011

Indah Dunia Saat Remaja Untuk Masa Tua Yang Bahagia (Pendidikan&Lain-Lain)

           Masa remaja merpukan masa yang sangat membahagiakan karena saat inilah kita dapat merasakan hal yang bisa membuat kita lebih bergairah dalam hidup. Sebut saja masa dimana mencari jati diri sejati. Indahnya rasa saat dimana cinta berpadu kasih, saat masuk sma/smk, saat dimana hubungan cewek dan cowok menjadi hal yang ingin dimiliki.

          Seperti halnya anda sobat muda, saya juga mengalami hal-hal tersebut seperti tertarik sama lawan jenis dsb. Ini merupakan hal yang wajar dalam masa remaja saat dimana jati diri sedang dicari. Makanya tidak heran banyak yang dapat menemukan jati diri secara cepat terkadang ada yang salah dalam mengambil jalan. Memang keterkatikan terhadap lawan jenis ini sangatlah tinggi sehingga dapat menimblakan kekhawatiran bagi sebagian orang tua.

           Rasa ingin tahu yang tinggi juga merasuk dalam diri para remaja apalagi di jaman sekarang yang sudah sangat modern banyak sekali hal baru yang masih menimbulkan tanda tanya bagi kaum penerus bangsa ini. Segi ingin tahu ini yang biasanya menyebabkan para remaja cenderung lebih memiliki pengetahuan yang berkembang pesat. Ini sangat lah bagus jika diarahkan dengan baik tetapi disisi lain remaja dapat terjerembak kedalam sesuatu yang tidak baik untuk dipelajari.

        Angan-angan yang sangat luar biasa tinggi, mungkin sobat muda pernah membayangkan bagaimana hidup kaya, istri/suami yang cantik/ganteng, rumah mewah, pekerjaan yang mudah tetapi bergaji tinggi dan lain sebagainya. Angan-angan ini luar biasa tetnu menimbulkan semangat di masa remaja untuk hidup lebih baik lagi. Tetapi terkadang hal ini juga menjadi bumerang saat angan-angan itu tidak bisa diwujjudkan banyak yang menjadi putus asa sehingga menjadi stress bahkan di lain kasus dapat menimbulkan kegilaan. Masalah anga-angan ini menjadi hal lumrah saat remaja yang perlu dilakukan adalah membicarakan dengan orang yang bisa anda percaya.

         Cita-cita yang tinggi dan ingin berguna untuk masa depan bangsa, merupakan hal yang menjadikan semangat dalam hidup remaja saat ini sebut saja cita-cita menjadi Meteri misalkan. Demi cita-cita tersebut mereka rela melakukan apapun untuk meraihnya tentu dengan jalan yang baik walaupun kadang ada yang melalui jalan yang kurang baik. Namun hal yang mejadi masalah jika para remaja tidak meiliki motivasi yang tinggi dalam menentukan cita-cita sehingga menimbulkan rasa pesimis yang dapat menjadikan mereka seolah orang yang tidak bisa diandalkan. Ketahuilah sobat muda hal tersebut (tidak bisa diandalkan) ini salah karena semua orang memiliki kelebiahan masing-masing.

         Sobat muda mungkin pernah juga mengalami hal ini yaitu saat dimana anda ingin dianggap ada oleh teman anda. Banyak sekali remaja yang menginginkan hal ini berbagai macam alasan sehingga membuat mereka ingin dianggap ada. Remaja yang ingin hal seperti ini banyak sekali hal yang dia lakukan untuk membuat terkenal, barangkali sobat muda juga pernah membuat suatu genk, fans club, dll yang intinya ingin dianggap ada. Dengan membuat hal tersebut saya rasa sangatlah baik untuk sosialisasi remaja namun yang harus diperhatikan adalah menjaga dari kemungkinan penyalahgunaan kelompok tersebut untuk hal-hal yang kriminal.

           Menginginkan hal yang cepat dan instan untuk sesuatu hal. Pernahkah sobat menginginkan motor untuk pergi ke sekolah ataupun universitas yang tentunya hal ini diungkapakan kepada orang tua secara mendadak. Ataupun kasus lain dimana seorang remaja ingin memiliki han phone yang bagus dan canggih, ataupun barang lainnya. Ini adalah hal yang mungkin sering terjadi bahkan dalam temapat lain banyak terjadi padahal kadan orang tua sobat muda tersebut kurang dalam segi penghasilan untuk membiayai kehidupan sehari-hari. Hal ini dapat menimbulkan kekerasan remaja terhadap orang tua. Tetapi di sisi lain orang tua yang kaya dapat memberikan hal yang diinginkan oleh anak remajanya. Pemberian barang tersebut memang sangat baik tetaapi yang perlu diikirkan apakah ahal tersebut membuat anak terlalu manja atau tidak.

Dari paparan diatas remaja dapat dikelompokan menjadi beberapa kategori diantaranya :
  1. Individualis
Remaja yang seperti ini menginginkan agar dia bisa bereda dengan teman yang lainnya. Tingkahnya memang "nyeleneh" ingin menjadi pusat perhatian, tapi egois. kategori ini juga menjadikan remaja sering melakukan hal-hal yang bertentangan dengan norma.
    
     2. Sosialis
Remaja ini sungguh sangat hebat dalam hal bergaul mungkin dari segi penampilan dia terlihat sopan dan sedikit humor dalam berbicara. Banyak orang yang mengenal dirinya, dia memikirkan tanggungjawab sosial sebelum melakukan tindakannya supaya tidak menjadi masalah dalam masyarakat. Tingkahnya dewasa dan kharismatik.

Dari dua kategori dapat diambil beberapa tipe remaja :
  • Agamis/Religion Inside of Life
Tipe ini adalah tipe remaja yang sangat suka dengan hal yang erbau agama. Tingkah remaja yang seperti ini yaitu mantap beribadah, sopan dan tidak terlalu sibuk dengan urusan dunia karena digunakan untuk mengingat Tuhan.
  • Funky/Punker
Mungkin ini tipe baru dari remaja jaman sekarang dimana sikap mereka dan tanggunjawab mereka dapat dikatakan tidak ada. Namun hal yang menarik adalah kesetiakawanan antar anggota yang luar biasa. Namun dari segi pendidikan terkadang kurang diperdulikan, hidup tanpa arahan, bertahan dengan kekuatan sering berantem dan suka dengan sesuatu yang bersifat keras.
  • Ambisius/Full Dedicate of education
Remaja yang satu ini super jenius dan suka membaca, hidupnya seolah-olah harus belajar. Sangat berkeinginanuntuk mengejar sesuatu termasuk cita-cita. Sikapnya mungkin agak pelit dan juga egois tetapi biasanya sebenarnya dia baik hanya saja kita harusmenyikapinya dengan tepat.

  • Pemalu/ Shy man
Kadang karena kurang sosialisi dan kurnag dukungan serta perhatian oleh teman-temanya remaja yang satu ini menjadi kurang supel bergaul dan mudah untuk minder. Remaja ini memiliki rasa malu yang berlebihan dan ini membuat dia jarang melakukan aktivitas yang positif.
  • Sombong /arrogant
Merupakan tipe yang maunya menang sendiri tidak mau ada yang menyainginya mungkin dia menginginkan semua orang tunduk padanya dan tidak membuat dia kesal.
  • Pecinta/ Lover
Ini dia yang tingkahnya ingin dicintai, disayangi, menfokuskan diri pada hal-hal yang berbau dengan perasaan sukanya berhubungan dengan lawan jenis. Remaja yang seperti ini biasanya cenderung playboy atau play girl tetapi tidak semuannya seperti itu. Biasanya yang melakukan hubungan cintai ini adalah dia yang dulu pernah menjalin asmara dan sampai berpacaran meski hanya satu kali.
  • Pembohong/Fibster 
Remaja yang hampir seluruh hidupnya hanya untuk melakukan apa yang diinginkan kadang bohong dilakukannya saat semua tidak erjalan dengan baik. Tetapi karena kebohongan ini dia tidak berani emngungkapkan sehingga dia terus saja berbohong.
  • Mandiri / independent man of act
Mandiri merupakan hal yang sulit dicapai saat usia remaja namun terkadang terdapat remaja yang bisa mandiri. Dari segi pendidikan mungkin dia lumayan, dari segi bisnis dia meikirkan dengan sangat teliti dan hati-hati
  • Pemaaf/forgiving in act
Kadang remaja memiliki sikap seperti ini yaitu suka memberi maaf walaupun sering disakiti. Sifatnya sangat santun, peduli sesama, dan hidup dalam ketenagan karena sedikit musuh tetapi banyak teman.
  • pemarah / grumpy to all mistake
marah merupakan hal yang sangat wajar jika remaja terganggu dengan sekitarnya tetapi kalangan remaja terkadang ada yang sering marah hal ini adalah sifatnya yang mendasar karena seringnya tekanan dalam dirinya dan dapat menimbulkan stress dan akhirnya menjadi marah. Sifatnya sangat kaku, tidak pernah humor, tertawa terhadap sesuatu yang menurut orang lain tidak lucu tetapi dirinya mengaggap luucu.
  • Sex Hobby
Tipe ini sangat berbahaya dapat menjadikan teman disekitar tidak tahan karena tingkahnya yang membuat mata remaja lain menjadi silau. Sering berpose yang seksi. Sifatnya mencari pacar untuk nafsu belaka, ingin disayang bahkan kadang ada yang memaksa untuk memenuhi tuntutan nafsu.
Peniru/ copyist
Tipe satu ini disebabkan jati dirinya belum ditemukan secara sempurna. Sifatnya suka meniru gaya teman lainya, selalu nimbrung kurang percaya diri pada dirinya. Suka menyontek waktu ulangan.
  • Seniman / art skill
Tipe ini bisa ditemukan saat kita menjumpai seseorang yang suka dengan musik, tari, gambar dan lainya hidupnya penuh dengan imajinasi yang membangun dan mementingkan keindahan di atas logika
  • Rajin / Diligent
Remaja ini kadang sangat cerdas dan rajin dalam suatu hal dia membuat seolah-olah hidup ini kita harus jalani dengan ranjin berusaha.
  • Disiplin / discipline
Tipe ini bertingkah layaknya seoarang polisi semua harus terjadwal. Komado ada ditangannya dan suka dengan aktivitas olahraga. Tidak ragu dalam bertindak.
  • Tipe lainya :
Jika memang itu tidak ada dalam bacaan ini silahkan kritik lewat komentar tipe apakah anda itu.


Dari sekian banyak tipe anda termasuk yang mana. Silahkan pilih tipe anda.


Dari tipe yang anda pilih maka anda dapat mempelajari kelebihan dan kekurangan kita sehingga kelebihan kita dapat kita pacu untuk meraih kesuksesan sedangkan kekurangan kita dijadikan motivasi untuk memperbaiki diri kita.


sekian

(agusrahmata@gmail.com)



0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Kritik dan Saran Anda Tuliskan Pada Formulir Komentar di Bawah Ini

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More